Yuk, Cari Tahu Info Lengkap Desa Wisata Gamplong yang Lagi Hits!

Yuk, Cari Tahu Info Lengkap Desa Wisata Gamplong yang Lagi Hits!

Meta Deskripsi: Mau tahu ada apa saja di Desa Wisata Gamplong, Jogja? Dari industri tenun unik, studio alam hingga museum bumi manusia yang hits ada di sini!

Tempat wisata di Jogja memang selalu memiliki daya tariknya sendiri. Sama seperti Desa Wisata Gamplong yang kini sedang hits dan ramai dikunjungi. Salah satu wisata Jogja ini semakin viral setelah menjadi lokasi syuting  Film Bumi Manusia yang dibintangi oleh Iqbal Ramadhan..

Bukan hanya popular karena menjadi tempat syuting, nyatanya wisata Gamplong Jogja memang memiliki keunikan dan sangat menarik untuk dikunjungi. Sebelum ke sini, yuk cari tahu informasi lengkapnya di sini!

Sejarah Desa Wisata Gamplong

Sebelum mengunjungi tempat yang lagi hits di Jogja dan masuk dalam destinasi wisata super prioritas dari https://www.kemenparekraf.go.id/ ini, kita cari tahu dulu yuk sejarah Desa Wisata Gamplong, biar kamu makin kenal dengan desa yang satu ini.

Desa Gamplong ini berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Melihat dari sejarah, desa ini memang terkenal sebagai penghasil tenun sejak tahun 1950 an dan akhirnya diresmikan sebagai desa wisata pada tahun 2005.

Tetap menjadi desa dengan industri tenun yang dilestarikan, Desa Gamplong memiliki 5 dusun yang menjadi penghasil tenun utama di desa ini yaitu Gamplong 1, Gamplong 2, Gamplong 3, Gamplong 4, dan Gamplong 5.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Setelah mengetahui sejarah desa wisata Gamplong Jogja, sekarang kami akan bahas mengenai detail dari desa wisata yang super kece ini dan ini penting banget untuk kamu yang ingin liburan ke sini untuk memberi kamu informasi detail mengenai lokasi desa wisata ini.

Desa wisata ini berlokasi di Kabupaten Sleman, lebih tepatnya di Desa Sumber Rahayu, kecamatan Moyudan. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, cukup membutuhkan waktu 50 menit untuk sampai ke desa wisata ini.

Untuk dapat masuk ke desa wisata ini kamu bebas membayar biaya masuk karena untuk masuk ke desa wisata ini memang dikenakan tarif seikhlasnya, jadi bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Sedangkan beberapa destinasi di dalamnya yang harus membayar tiket masuk seperti Studio Gamplong yang menjadi tempat favorit di desa wisata ini dan juga  beberapa spot  yang tersedia seperti kereta tua dan museum bumi manusia.

Namun tenang, harga tiket masuknya nggak akan bikin kantong kamu jebol karena harganya hanya berkisar 10 ribu saja. Sementara untuk jam bukanya kamu bisa mengunjungi desa wisata ini dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore setiap hari kecuali hari Senin, karena desa wisata ini libur setiap hari Senin.

Ada Apa Saja di Desa Wisata Gamplong?

Nah ini dia info yang pastinya kamu tunggu-tunggu. Untuk kamu yang berencana liburan ke desa wisata ini, ini dia berbagai keseruan yang akan kamu dapatkan di Desa Wisata ini!

  • Museum Bumi Manusia

Syuting film Bumi Manusia memang membuat desa ini dibangun untuk keperluan syuting. Nah, walau syuting filmnya telah berakhir, namun bekas lokasi syuting yang sangat Aesthetic itu akhirnya dijadikan museum dengan nama Museum Bumi Manusia.

Museum ini merupakan rumah Nyai Ontosoroh dan Annelies yang bercorak tempo dulu. Wah, sangat cocok sebagai tempat berfoto pastinya!

  • Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong merupakan area di sini yang kerap dijadikan sebagai lokasi syuting film-film populer, salah satunya film Sultan Agung garapan Hanung Bramantyo.

Untuk kebutuhan latar cerita yang mengambil era pedesaan 1600an, salah satu wilayah di sini diubah menjadi studio alam untuk keperluan syuting. Bisa dibayangkan betapa ikonik dan uniknya wilayah yang dirombak ini?

Namun, setelah syuting selesai, akhirnya Studio alam ini dibuka untuk umum sebagai tema wisata dan alhasil selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

  • Industri Tenun

Nggak sah rasanya berlibur di Desa Wisata ini tanpa mengunjungi sentra industri tenun yang sangat legendaris di desa ini. Kalau kamu sedang liburan ke sini, sempatkan diri untuk melihat proses pembuatan kain tenun yang dilakukan secara turun-temurun oleh warga desa Gamplong ini.

Selain 3 hal menarik tadi, sebenarnya masih banyak yang dapat kamu eksplor dari Desa Wisata Gamplong yang kaya akan budaya dan keunikan di dalamnya. Siapkan dirimu untuk jalan-jalan dan selamat liburan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *