Ternyata Ada Berbagai Jenis Cappuccino Lho! Penggemar Cappuccino Wajib Tahu!

Ternyata Ada Berbagai Jenis Cappuccino Lho! Penggemar Cappuccino Wajib Tahu!

Bagi kamu yang sangat suka cappuccino, apakah kamu sudah tahu jika cappuccino terbagi berbagai jenis? Jika kamu belum tahu, kamu tidak boleh nih skip artikel yang satu ini. Hal ini karena dalam artikel ini akan berbagi informasi seputar jenis cappuccino.

Nah, tak perlu berlama-lama, di bawah ini ada berbagai jenis cappuccino yang wajib kamu tahu nih.

5 Jenis Cappuccino

  1. Traditional Cappuccino

Salah satu jenis dari cappuccino adalah traditional cappuccino. Traditional cappuccino adalah cappuccino yang biasa terdapat di café loh. Di mana cappuccino terbuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu, dan 1/3 busa susu. Sehingga, tidak heran jika rasanya cenderung sedikit pahit.

Oleh karena itu, untuk menyamarkan rasa pahit yang tidak disukai oleh sebagian orang, si barista akan memberikan gula aren sebagai pemanis tambahan yang terbungkus dalam kemasan mungil.

Selain itu, sekarang ini sudah muncul tren latte art yang terdapat di atas cappuccinonya. Latte art biasanya terbuat dari busa susu yang dituang ke di atas cappuccino dengan teknik free pouring. Sehingga, busa susunya akan menyebar dan membuat rasa cappuccino lebih enak.

  1. Cappuccino Chiaro

Jenis cappuccino selanjutnya adalah cappuccino chiaro. Jenis cappuccino yang satu ini juga biasa disebut dengan wet cappuccino atau white cappuccino.

Cappuccino chiaro ini mengandung lebih banyak susu panas dibandingkan dengan susu busa atau yang biasa disebut foam. Untuk itu, tak heran jika kamu mencoba cappuccino yang satu ini rasanya akan lebih mirip susu, dan tentunya lebih creamy.

  1. Cappuccino Scuro

Kemudian, ada juga cappuccino scuro. Jika jenis cappuccino yang kedua atau chiaro disebut wet cappuccino, cappuccino scuro disebut dengan dry cappuccino.

Cappuccino scuro ini memiliki komposisi susu yang lebih sedikit. Sebaliknya, kandungan foam atau busa susunya lebih banyak. Sehingga, jenis cappuccino scuro ini rasanya lebih cenderung pahit khas cappuccino.

  1. Cappuccino Freddo

Siapa nih yang di sini suka dengan cappuccino yang disajikan dingin? Kamu harus mencoba cappuccino freddo.

Namun kamu harus tahu nih, jika dinginnya cappuccino freddo ini bukan berasal dari es batu loh. Dinginnya capuuccino freddo ini dari susu serta foam yang dingin.

Dan tahukah kamu rasanya seperti apa? Cappuccino freddo ini memiliki rasa pahit yang segar loh.

  1. Flavored Cappuccino

Jenis cappuccino yang kelima atau terakhir adalah flavored cappuccino. Sesuai dengan namanya, flavored cappuccino adalah jenis cappuccino yang bisa ditambahkan dengan rasa yang lainnya di atas busa susu atau foam. Rasa yang bisa ditambahkan bisa mocha, vanilla, caramel, dan lainnya.

Itulah informasi tentang jenis cappuccino. Nah, dari kelima jenis cappuccino yang telah dijelaskan di atas, cappuccino yang sudah atau mungkin kamu coba terlebih dahulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *