Perubahan Pertumbuhan Fisik Pada Perempuan Saat Pubertas

Perubahan Pertumbuhan Fisik Pada Perempuan Saat Pubertas

Pada saat anak memasuki masa pubertas, pastinya ada perubahan hormon yang terjadi. Hal itu kemudian akan memengaruhi pertumbuhan fisik mereka. Pada masa pubertas tersebut, terdapat perbedaan fisik laki-laki dan perempuan yang terlihat cukup mencolok khususnya pada fisik perempuan. Lalu, apa sajakah perubahan fisik yang terjadi saat perempuan memasuki pubertas? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Perubahan Fisik Perempuan Memasuki Masa Pubertas

  1. Pubertas Terjadi Pada Usia 10 sampai 11 Tahun

Bagi perempuan, mulainya perubahan fisik saat pubertas adalah di usia 10 atau 11 tahun. Pada umumnya, tanda perkembangan mulai dapat dilihat pada saat memasuki usia 13 tahun dan setelah usia 16 tahun perubahan fisik tersebut cenderung sudah tidak terlihat atau tidak ada. Perbaikan gizi yang terjadi saat ini sering kali membuat menstruasi perempuan dapat hadir lebih awal yakni di usia 12 sampai dengan 13 tahun.

  1. Perubahan Fisik dipengaruhi Estrogen dan Progesteron

Terjadinya perubahan fisik pada perempuan disebabkan oleh kerja hormon progesteron dan estrogen. Pelepasan kedua hormon pemicu pubertas ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor psikologis, sosial, dan juga pola makan seseorang.

  1. Tanda Pubertas Pertama

Tanda fisik saat perempuan memasuki masa pubertas adalah payudara mulai berkembang, munculnya rambut pada ketiak dan pubis, rambut di kaki menebal, dan juga terjadi perubahan pada bentuk tubuh dengan adanya lemak yang bertambah. Selain itu, rambut dan kulit mulai mengeluarkan minyak yang dapat memicu munculnya jerawat. Puncaknya, perempuan akan mengalami masa menstruasi.

  1. Perubahan Tinggi Badan

Perempuan dapat mencapai setengah dari tinggi dewasanya sebelum tahun kedua ulang tahunnya. Pada perempuan, pertumbuhan saat pubertas lebih cepat dua tahun dibandingkan anak laki-laki.

  1. Tumbuh Rambut Ketiak dan Kemaluan

Seperti yang disebutkan tadi, perempuan yang memasuki usia pubertas akan mulai tumbuh rambut ketiak dan juga di bagian kemaluan.

  1. Payudara Berkembang

Pada daerah sekitar puting perempuan akan membesar bersama dengan beberapa jaringan yang ada dalam payudaranya.

  1. Pinggang Menyempit dan Pinggul Melebar

Akibat hormon perempuan yang mulai diproduksi, daerah pinggul perempuan akan mulai melebar sedangkan di daerah pinggang akan menyempit karena ada penyebaran lemak.

  1. Perubahan di Dalam Tubuh

Tingkat pertumbuhan fisik perempuan akan lebih cepat pada saat awal masa pubertas, sebelum fase menstruasi dimulai. Pertumbuhan tersebut akan mencapai puncaknya pada saat usia 12 tahun di mana pertumbuhan dapat mencapai 9 cm dalam satu tahun.

Pertumbuhan tersebut baru akan melambat dan berhenti di usia 14 dan 16 tahun. Pada usia tersebut, hormon pertumbuhan di tulang panjang mengalami osifikasi sehingga sudah tidak dipengaruhi lagi oleh hormon pada pertumbuhan.

Berdasarkan ulasan di atas, perbedaan fisik laki-laki dan perempuan pada saat masa pubertas sangat terlihat jelas terutama pada perempuan. Perubahan bentuk tubuh dan mulai datangnya menstruasi menjadi yang paling menjadi pembeda pada pertumbuhan fisik perempuan dibanding laki-laki. Untuk mengetahui tentang siklus menstruasi dan seputar pertumbuhan fisik perempuan, Anda dapat kunjungi situs charmgirlstalk.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *