Kandungan Susu Yang Baik Untuk Bayi

Kandungan Susu Yang Baik Untuk Bayi

ASI memang merupakan makanan terbaik bagi si kecil sehingga selama 6 bulan pertama sangat disarankan untuk mendapatkan asupan ASI yang cukup diikuti dengan MPASI seiring bertambahnya umur si kecil. Namun terkadang ibu seringkali mencari informasi susu yang baik untuk bayi dikarenakan kondisi ibu yang tidak mendukung.

ASI merupakan produk terbaik yang tidak tergantikan. Namun terkadang kondisi ibu membuatnya tidak dapat memberikan asupan ASI maksimal sehingga membutuhkan makanan pendamping misalnya seperti susu formula.

Susu formula memang menjadi pilihan tepat meskipun kandungannya tidak sesempurna kandungan ASI dalam memenuhi nutrisi. Untuk itulah dirancang susu formula agar memiliki kandungan nutrisi semirip mungkin dengan nutrisi ASI. beberapa kandungannya seperti protein, lemak, dan karbohidrat juga beberapa nutrisi penting lainnya untuk melindungi bayi dengan meningkatkan sistem imun tubuh anak.

Karena bayi masih memerlukan kebutuhan gizi yang cukup untuk membantu tumbuh kembangnya seperti untuk pencernaan, pergerakan anak, perkembangan otak, dan lainnya, ada baiknya untuk selalu memperhatikan komposisi suatu susu formula.

Dengan ini maka Anda dapat memastikan bahwa semua yang dibutuhkan oleh si kecil telah terpenuhi. Susu formula memang menjadi pilihan pertama selain ASI. Dengan memahami kandungan nutrisi atau komposisi yang terkandung dalam susu formula maka Anda dapat menentukan susu yang baik untuk bayi.

Kandungan ALA DHA Pada Susu Formula

Susu formula haruslah memiliki nutrisi yang dapat memberikan asupan nutrisi ke otak di mana biasanya susu memiliki kandungan DHA/AA (Asam Dokosaheksanoat / Asam Arakhidonat) dan ALA/LA (Asam alfa linoleat / Asam linoleat).

ALA/LA merupakan salah satu jenis asam lemak esensial. Asam lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. LA adalah zat yang berfungsi untuk membentuk AA dan DHA dibentuk oleh ALA.

DHA memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak terutama dalam membantu proses pembentukan sel retina mata, otak, dan saraf. Sedangkan AA berperan dalam menghantarkan rangsangan pada saraf tubuh. Bayi yang mengonsumsi cukup DHA dan AA ternyata memiliki skor yang tinggi pada ukuran BMDI.

Kandungan Prebiotik FOS Pada Susu Formula

Selain itu, susu formula juga wajib memiliki kandungan nutrisi yang dapat mendorong peningkatan sistem imun tubuh si kecil. Kandungan nutrisi tersebut terdiri dari vitamin A, C, E, seng, dan pre/probiotik FOS.

Prebiotik FOS memiliki peranan yang penting dalam mendukung perkembangan pencernaan si kecil dengan meningkatkan bakteri baik. Dibutuhkan juga kandungan kalsium, protein, vitamin D3, magnesium, dan juga berbagai nutrisi lainnya. untuk mendapatkan semua nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan oleh si kecil, pilihlah susu SGM susu yang baik untuk bayi. Kandungan nutrisinya lengkap dalam memenuhi kebutuhan bayi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *