Jangan Sepelekan, Ini Ciri Ciri Anak Kekurangan Gizi

Jangan Sepelekan, Ini Ciri Ciri Anak Kekurangan Gizi

Menjadi orang tua bukanlah perkara mudah, banyak tanggung jawab yang harus di lakukan dari menafkahi keluarga, kemudian memberikan rasa aman dan nyaman sampai dengan hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan proses tumbuh kembang si anak dengan baik.

Banyak orang tua tidak mau tau dengan perkembangan anaknya, memberikan anak makan saja tentu tidak cukup. Orang tua juga harus tau, apakah kebutuhan gizi anak sudah terpenuhi atau belum, serta memantau apakah pertumbuhanya normal ini yang paling penting.

Berdasarkan data terbaru saat ini, banyak anak anak yang kekurangan gizi bahkan mengalami gizi buruk. Maka dari itu sebagai orang tua harus peka dalam mengenali gejala gejala atau tanda jika anda mengurangi kekurangan gizi dengan cepat.

Berikut akan kami bahas lebih lengkap dan ringkas!

Tubuhnya Kurus

Tentu menjadi orang tua juga harus paham mengenai definisi kurus ini. Anak kurus juga belum tentu kekurangan gizi. Namun kurus dengan berat badan dan tinggi yang tidak ideal dan terlalu jauh bedanya adalah indikasi si anak kekurangan gizi.

Bunda bisa cek tabel berat badan ideal anak berdasarkan usianya nanti akan tahu apakah anak bunda dari berat bisa dikatakan kurus atau ideal.

Kurus ini dalam dunia kesehatan dikenal dengan istlah wasting, dimana anak yang kurus ini sendiri harus segera di berikan nutrisi dan gizi seimbang supaya beratnya normal kembali.

Dalam banyak kasus anak yang kurus ini disebabkan banyak faktor misalkan:

  • Kebanyakan ngemil jarang makan nasi
  • Kebanyakan main jarang makan dengan teratur
  • Dan banyak faktor lain yang harus bunda cari tahu penyebabnya.

Stunting

Stunting ini sendiri salah satu istilah yang sangat populer dijaman sekarang. Dimana artinya adalah usia anak tidak sesuai dengan perkembanganya. Misalkan usia anak anda sekarang 4 tahun tapi masa pertumbuhanya seperti anak usia 3 tahun.

Ini disebabkan juga karena si anak tentu saja kekurangan gizi dan makanan yang memberikan nutrisi penting untuk masa pertumbuhan mereka dengan baik. Stunting sendiri banyak di kaitkan dengan masalah sosial seperti anak tidak pernah di urus, kemudian perceraian sampai dengan faktor ekonomi atau kemiskinan.

Jangan birkan ini berlarut larut karena kalau dibiarkan saja pertumbuhan si anak akan terus terhambat baik fisik dan pertumbuhan kemampuan kognitif misalkan.

Underweight

Istilah ini sendiri hampir sama artinya dengan yang pertama, namun lebih spesifik dari faktor indikator pada berat badan si anak.

Kekurangan berat badan dibandingkan dengan kondisi tubuh dan tinggi anak yang jauh berbeda kerap dinamakan dengan istilah underweight ini. Ini juga menandakan si anak bisa kekurangan gizi dan harus segera di tangani dengan benar dan cepat.

Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin juga kerap disebut dengan istilah Kekurangan mikronutrien. Ini artinya adalah si anak mengalami kekurangan bukan hanya vitamin saja melainkan juga mineral dalam tubuh mereka.

Kekurangan vitamin ini akan memberikan dampak serius dimana tubuh sang anak tidak bisa memproduksi dengan baik zat apa yang akan dibutuhkan dalam masa perkembanganya seperti enzim, hormon, dan zat lainnya.

Maka dari itu ini juga masuk dalam indikasi anak kurang gizi dan harus cepat di tangani.

Secara fisik sebenarnya bisa dikenali dengan memperhatikan beberapa tanda dibawah ini antara lain:

  1. Mata anak terlihat cekung
  2. Perut anak buncit
  3. Rambut dan kulit yang kering
  4. Lemah dan Lesu
  5. Sulit berkonsentrasi, gampang marah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *