Jangan Salah, Inilah Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Supaya Cerdas

Jangan Salah, Inilah Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Supaya Cerdas

Mendidik anak merupakan tanggung jawab setiap orang tua. Mulai sejak lahir hingga usia 12 tahun adalah usia emas untuk memberikan didikan yang baik kepada anak. Salah satu rentang usia yang cukup vital adalah usia 3 tahun. Hal ini karena di usia tersebut anak sudah mulai bisa memproses informasi. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengerti cara mendidik anak usia 3 tahun supaya cerdas.

Lalu, apa akibatnya jika di usia ini anak tidak mendapatkan didikan yang baik? Tentu saja hasilnya bisa dibayangkan. Di usia tersebut, anak akan mudah menghafal kosakata baru. Namun, ia belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Tanpa bimbingan yang tepat, anak bisa saja terjerumus untuk menghafalkan kosakata yang buruk.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun

  1. Memberikan istirahat yang cukup

Ketika usia 3 tahun, otak anak akan bekerja lebih keras dan aktivitas fisiknya pun cenderung lebih aktif. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikannya waktu istirahat yang cukup. Orang tua perlu memahami kapan waktu yang tepat untuk istirahat dan kapan waktu diperbolehkan untuk tetap bermain. Banyak anak yang rewel tidak jelas, padahal yang ia inginkan hanyalah istirahat atau tidur.

  1. Mengajarkan ilmu agama

Mungkin di usia 3 tahun anak belum bisa memahami ayat atau ajaran-ajaran yang terdapat pada sebuah agama. Namun, akan lebih baik jika anak dikenalkan pada wujud penerapan ajaran-ajaran tersebut di kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana. Sebagai contoh, membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas adalah langkah yang sangat baik sebagai fondasi di masa depan mereka.

  1. Mengajarkan etika

Etika bisa jadi merupakan bagian dari ilmu-ilmu agama pada poin sebelumnya. Beberapa hal yang perlu diajarkan kepada anak adalah mengucapkan terima kasih dan meminta maaf. Meski sederhana, ketika anak terbiasa dengan hal tersebut, di masa mendatang mereka akan lebih mudah untuk diajari hal-hal baik lainnya yang mungkin lebih kompleks seperti bersedekah, menghormati orang tua, dan sebagainya.

  1. Membiasakan olahraga

Anak usia 3 tahun memang mayoritas lebih aktif dalam beraktivitas. Namun, tidak sedikit juga anak yang kurang aktif disebabkan oleh beberapa hal seperti ketergantungan gadget atau yang lainnya. Sangat penting untuk membiasakan anak bergerak dan melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, bermain sepak bola, dan lain-lain.

  1. Tidak terlalu kasar terhadap anak

Di usia berapapun, bertindak kasar adalah sesuatu yang sangat buruk untuk dilakukan oleh orang tua. Tidak hanya meninggalkan luka psikis dan fisik, tindak kasar ini juga bisa dijadikan contoh kepada anak sehingga ketika dewasa ia pun akan berbuat serupa. Jika anak melakukan kesalahan, cobalah untuk menenangkan diri dan setelah itu bicara pada anak dengan lembut sambil memberikan pengetahuan jika hal tersebut tidak baik.

Dengan tips-tips di atas, anak akan tumbuh menjadi seorang yang sehat dan berbudi pekerti. Sebenarnya masih ada banyak hal yang harus dilakukan oleh orang tua. Namun, kelima hal tersebut adalah sedikit contoh dari fondasi penting untuk masa depan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *