Apa Itu Parenting Islami? Berikut Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Apa Itu Parenting Islami? Berikut Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Anak merupakan harta titipan dari Allah untuk orang tua. Saat lahir, hatinya sungguh suci dan tidak berdosa. Kesucian tersebut akan terus terjaga apabila anak dididik dengan baik. Tak lupa, pahala pun senantiasa mengalir kepada orang tua atau siapapun yang mendidiknya.

Sebagai orang tua, sudah pasti ingin mendidik anak dan menjadikannya anak yang taat, berbakti, dan senantiasa patuh dengan ajaran-ajaran Islam. Cara mendidik / merawat anak yang dilakukan oleh orang tua dinamakan parenting.

Setiap orang tua memiliki konsep parenting masing-masing dalam mendidik anak-anaknya. Namun, akan sangat baik apabila orang tua menggunakan konsep parenting islami, yakni konsep parenting yang menanamkan nilai-nilai islam pada anak sedini mungkin. Konsep ini tentunya dilakukan dengan mengikuti tuntunan Al-qur’an dan Nabi Muhammad SAW.

Cara Mendidik Anak Menggunakan Parenting Islami

Parenting Islami merupakan cara mengatur pola asuh anak yang sesuai dengan ajaran islam, didasarkan dari Al-Qur’an dan sunah Rasullullah SAW. Parenting yang satu ini memiliki tujuan, yakni menjadikan anak sebagai manusia yang berakhlak mulia sesuai anjuran agama islam.

Berikut ini ada beberapa cara mendidik anak yang menggunakan konsep parenting menurut ajaran islam, yuk simak baik-baik.

Mengajarkan Ibadah Sejak Dini

Usia dini merupakan usia yang paling baik untuk membentuk karakter anak. Karena itulah coba untuk mengajarkan ibadah pada anak sejak ia berusia dini.

Coba mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti mengajak anak ke masjid, membaca doa sehari-hari, dan mengenalkan Al-Qur’an.

Mengajarkan Tanggung Jawab

Selain beribadah, mengajarkan tanggung jawab pada anak juga termasuk salah satu cara mendidik anak yang sesuai dengan konsep parenting islami.

Orang tua harus meminta pertanggungjawaban anak terhadap apa yang sudah dilakukan. Contoh sederhananya yaitu ketika anak menunda mengerjakan PR, orang tua memberikan konsekuensi, misalnya menunda liburan sampai pekerjaan selesai.

Mengenalkan Hubungan Harmonis dengan Pencipta (Allah SWT)

Hal paling utama yang harus dilakukan orang tua dalam mendidik anak adalah dengan mengenalkan siapa Tuhannya. Konsep Ketuhanan atau biasa disebut dengan tauhid perlu ditanamkan pada anak sedini mungkin.

Cara sederhana untuk mengenalkan anak dengan penciptanya adalah dengan mengajarkan sholat sejak dini. Jangan menuntut anak untuk langsung bisa melaksanakan shalat dengan benar, ajarkan pelan-pelan sampai anak paham. Dengan begitu, anak akan memiliki hubungan yang harmonis dengan Allah, wallahualam.

Mengajarkan Anak untuk Selalu Menuntut Ilmu

Parenting Islami selanjutnya bisa dilakukan dengan memberikan pengetahuan pada anak untuk selalu menuntut ilmu. Ilmu dan adab adalah dua hal yang harus dimiliki setiap orang, karena dua hal ini bisa menjadikan seseorang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *