Tips Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya

4 Tips Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya

Dalam perdagangan online atau e-commerce, persediaan barang menjadi hal yang penting. Anda tidak perlu memiliki toko fisik atau bangunan toko dengan interior yang indah. Anda harus selalu memastikan supply chain management in e-commerce berjalan dengan baik agar permintaan barang dari konsumen bisa dipenuhi.

Pebisnis mendapatkan untung dari selisih antara harga jual dengan harga beli. Karena itulah pengusaha berlomba-lomba mencari persediaan barang dengan harga yang murah dan kualitas baik agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini juga berlaku bagi perdagangan yang dilakukan secara online.

Untuk mendapatkan barang dengan harga murah, Anda disarankan untuk mendapatkan supplier tangan pertama. Supplier tangan pertama merupakan supplier yang langsung memproduksi barang tersebut dan menjualnya. Jika Anda bisa mendapatkan supplier ini, selisih harga jual dengan harga beli bisa lebih tinggi dan Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Mencari Supplier Tangan Pertama

Namun, bagaimana caranya mendapatkan supplier tangan pertama? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, yaitu :

1.     Pertimbangkan kebutuhan Anda

Yang pertama, Anda perlu memahami kebutuhan Anda. Apakah Anda mencari supplier sebagai pemasok barang atau sebagai produsen barang? Sebagai pemasok artinya Anda langsung menjual kembali barang yang Anda dapatkan dari supplier. Sedangkan peran sebagai produsen berarti Anda mencari supplier untuk mendapatkan bahan baku barang yang akan Anda produksi.

2.     Pertimbangkan domisili supplier

Yang kedua, pertimbangkan domisili dari supplier yang Anda pilih. Ada dua jenis supplier yang bisa Anda pilih sesuai domisilinya, yaitu supplier dalam negeri dan supplier luar negeri. Masing-masing jenis supplier memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Supplier yang berasal dari dalam negeri dengan domisili yang dekat dengan Anda tentu akan lebih mudah dalam proses supply chain management in e-commerce. Namun belum tentu harganya sesuai dengan yang Anda inginkan.

3.     Selalu utamakan kualitas

Yang ketiga, selalu utamakan kualitas produk dari supplier. Tidak hanya harga murah, Anda juga perlu memastikan barang dari supplier yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik. Anda juga bisa mempertimbangkan value produk dari supplier tersebut agar sesuai dengan value brand yang Anda miliki. Demi barang yang berkualitas, Anda seharusnya tidak melewatkan tahap ini.

4.     Negosiasi dan buat perjanjian dengan supplier

Yang keempat, negosiasikan dengan supplier dan buat perjanjian kerja sama. Jika Anda sudah menemukan supplier yang tepat, Anda bisa mengadakan negosiasi hingga mencapai kesepakatan untuk melakukan perjanjian kerja sama. Dengan perjanjian ini, baik Anda maupun supplier bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di masa depan.

Nah, itulah 4 tips mencari supplier tangan pertama. Untuk proses pencariannya, Anda bisa memanfaatkan media sosial hingga marketplace untuk mencari supplier yang tepat. Ingat, pilihlah supplier yang terpercaya karena supply chain management in e-commerce yang Anda kelola akan sangat bergantung dari supplier yang Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *