4 Manfaat Melakukan Tummy Time untuk si Kecil

4 Manfaat Melakukan Tummy Time untuk si Kecil

Tummy time merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan orangtua dan anak setiap harinya. Aktivitas ini mungkin pada mulanya akan membuat si kecil kurang nyaman, tapi lama kelamaan akan memberikan banyak manfaat untuknya.

Oleh sebab itu, disarankan memulai aktivitas ini bersama si kecil sedini mungkin. Anda dapat memulainya setelah beberapa hari usia bayi atau setelah usia genap satu bulan, karena tidak ada usia ideal untuk melakukannya. Akan tetapi, memulai sejak dini akan sangat membantu sebat membuat perkembangan si kecil semakin baik.

Manfaat Melakukan Tummy Time

Melakukan kegiatan bersama si kecil sekaligus melatih motoriknya dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas tummy time. Caranya dengan meletakkan si kecil dalam posisi tengkurap selama maksimal 5 menit. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan 2-5 kali sehari, karena memberikan manfaat berikut:

1.     Mengembangkan Otot-otot Bayi

Si kecil yang baru hadir ke dunia memiliki tubuh kecil dan lemah. Oleh sebab itu, kewajiban orangtua untuk membantunya mengembangkan kekuatan dan melatih diri. Dengan aktivitas tengkurap ini, si kecil akan melatih otot-otot tubuhnya, seperti otot dada, leher, bahu, dan lengan.

2.     Mengembangkan Keterampilan Motorik Kasar

Aktivitas tummy time dapat membantu si kecil melatih motorik kasarnya sehingga bisa berkembang dan tidak tertahan. Motorik kasar adalah aktivitas yang meliputi gerakan dasar yang melatih kekuatan, koordinasi, kecepatan, keseimbangan, dan kelincahan.

Oleh sebab itu, anak disarankan melakukan kegiatan ini sedini mungkin. Namun, kembali ke kemampuan fisik anak dan bagaimana orangtua membantunya. Dengan aktivitas tepat, maka keterampilan ini dapat berkembang dengan baik.

3.     Mencegah Bayi Mengalami Kepala Peyang

Kepala peyang sering terjadi pada bayi yang terlalu banyak tidur dalam posisi telentang dan kurang melakukan tengkurap. Hal ini dapat dicegah dengan melatih si kecil berbaring tengkurap. Setidaknya lakukan aktivitas ini 2-5 kali sehari dengan durasi 5 menit saja.

Agar si kecil merasa nyaman, Anda dapat mengajaknya bermain dan berinteraksi. Bisa juga sambil menyanyikan lagu atau mengajak si kecil bercanda sehingga si kecil tidak menangis atau mengubah posisi.

4.     Mengurangi Perut Kembung

Bayi yang belum berusia genap 3 bulan sangat sering mengalami perut kembung dan membuatnya tidak nyaman. Dengan mengubah posisinya ke tengkurap, Anda dapat mengurangi kemungkinan perut kembung sehingga membuat si kecil tidak rewel.

5.     Meningkatkan Jalinan Antara Orangtua dan Bayi

Menjalin hubungan dengan si kecil bisa dilakukan dengan cara sering berinteraksi. Dengan melakukan aktivitas bersama, hubungan orangtua dan bayi akan makin erat. Salah satu kegiatannya adalah aktivitas tummy time ini.

Melakukan tummy time merupakan kegiatan yang dilakukan bersama antara orangtua dan anak. Selain mampu membantu perkembangan motorik anak, kegiatan ini juga membantu menjalin hubungan antara orangtua dan anak sehingga sangat baik dilakukan setiap hari. Mau tahu berbagai artikel parenting lainnya? Anda bisa berkunjung ke laman orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *